Cristiano Ronaldo Pastikan Euro 2024 Jadi Penutup Kariernya di Euro

Foto: X/EURO2024

Cristiano Ronaldo telah memastikan bahwa Euro 2024 akan menjadi turnamen Euro terakhir dalam karier sepak bolanya. Kapten tim nasional Portugal itu mengungkapkan bahwa keputusan ini bukanlah sebuah kejutan besar bagi para penggemar.

Ronaldo akan berusia 43 tahun saat Euro 2028 berlangsung di Inggris Raya dan Republik Irlandia. Kemungkinan besar, ia tidak akan bermain di kompetisi tersebut dan mungkin saja sudah memutuskan untuk gantung sepatu.

“Tanpa keraguan. Ini adalah Euro terakhir. Tentu saja,” kata Ronaldo kepada salah satu stasisun televisi Portugal, RTP.

Ronaldo tercatat sebagai pemain dengan partisipasi terbanyak dalam sejarah Euro. Ia telah mengikuti enam edisi turnamen, mulai dari 2004 hingga 2024. Pencapaian ini menjadikannya ikon di kompetisi Eropa.

Meskipun telah meraih banyak kesuksesan, termasuk kemenangan di Euro 2016, Ronaldo tetap menunjukkan semangat yang tinggi setiap kali membela negaranya. Antusiasmenya untuk bermain sepak bola tak pernah pudar.

Baca juga:

“Namun, saya juga emosional dengan hal ini. Saya tersentuh dengan segala hal yang ada di sepak bola, oleh antusiasme yag saya miliki untuk permainan ini, antusiasme yang saya lihat dalam diri para pendukung, keluarga saya berada di sini, gairah orang-orang. Ini bukan hanya soal meninggalkan dunia sepak bola,” ujarnya.

“Hal yang terpenting adalah petualangan yang saya jalani dan antusiasme yang saya miliki masih ada,” tegas pemain Al-Nassr itu.

Selain itu, mantan pemain Manchester United, Real Madrid, dan Sporting CP ini juga buka suara tentang kegagalannya mengeksekusi penalti pada babak 16 besar melawan Slovenia. Bagi Ronaldo, kegagalan adalah bagian dari permainan.

Dalam pertandingan tersebut, Portugal akhirnya menang lewat adu penalti, dengan Ronaldo menjadi penendang pertama yang sukses mencetak gol. Penampilan Ronaldo yang tegar di momen-momen krusial menunjukkan mentalitas juaranya.

“Inilah sepak bola.  Mereka yang gagal adalah mereka yang mencoba. Saya akan selalu melakukan yang terbaik untuk seragam ini, entah gagal atau tidak,” ucapnya.

“Seperti yang anda lihat, saya gagal penalti tetapi saya ingin menjadi penendang pertama untuk mencetak gol (pada babak adu penalti) karena anda harus mngambil tanggung jawab ketika tim membutuhkan,” ujarnya.

“Anda tidak boleh takut. Saya tidak pernah takut untuk menghadapi semuanya dengan kepala tegak. Terkadang, saya berhasil. Terkadang, saya gagal. Namun, menyerah bukanlah sesuatu yang akan pernah anda dengar dari nama saya,” sambungnya.

Baca juga:

Sejauh ini, di Euro 2024, Ronaldo belum mencetak satu gol pun. Ia mengakui bahwa catatan tersebut cukup membuatnya frustrasi, namun yang terpenting bagi Ronaldo adalah kemenangan timnya.

“Tentu saja ini membuat frustasi ketika anda tidak mencetak gol. Namun, inilah sepak bola. Pada akhirnya, hasilnya positif dan itu adalah hal yang terpenting.”

Portugal akan menghadapi Prancis di babak perempat final pada Sabtu (6/7) dini hari WIB. Ronaldo menyebut bahwa timnya akan menghadapi laga ini dengan semangat juang tinggi, layaknya berperang.

“Kami sekarang memiliki pertandingan sulit melawan Prancis yang merupakan favorit untuk menjadi juara bersama Jerman dan Spanyol. Namun, kami akan berperang. Inilah sepak bola,” kata Ronaldo.

“Tim tampil baik, hasil ini (kemenangan atas Slovenia) merupakan dorongan energi ntuk tim dan kami akan berjuang hingga akhir,” pungkas Ronaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscam