Blunder Antonio Silva Bawa Georgia ke Babak 16 Besar Euro 2024

Timnas Georgia (Foto: X/EURO2024)

Georgia menciptakan kejutan besar di Euro 2024 dengan kemenangan 2-0 atas Portugal pada pertandingan terakhir fase grup, Rabu (26/6). Kemenangan ini membuat Georgia lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik, mengoleksi empat poin dan unggul tiga angka dari Republik Ceko yang kalah dari Turki.

Di Veltins-Arena, Georgia unggul cepat lewat gol Khvicha Kvaratskhelia di menit kedua. Gol ini berawal dari blunder Antonio Silva yang salah dalam memberikan umpan. Georges Mikautadze mencuri bola dan mengoper kepada Kvaratskhelia yang berhasil mencetak gol dengan tendangan keras.

Gol kedua Georgia tercipta melalui tendangan penalti Georges Mikautadze di menit ke-57. Penalti diberikan setelah Antonio Silva melakukan pelanggaran terhadap Luka Lochosvili. Mikautadze dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut dan menggandakan keunggulan Georgia.

Baca juga:

Portugal, meski kalah, tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan enam poin. Hasil ini tidak mengubah posisi mereka di puncak klasemen, unggul selisih gol dari Turki yang berada di posisi kedua. Portugal akan menghadapi Slovenia di babak 16 besar pada 1 Juli.

Georgia, yang menempati peringkat ketiga grup F, akan berhadapan dengan Spanyol pada 31 Juni. Turki, sebagai runner-up grup, akan bertemu Austria pada 2 Juli. Hasil ini menunjukkan persaingan ketat di grup F yang diwarnai kejutan.

Sementara itu, dua pertandingan terakhir di grup E juga berlangsung. Slovakia bermain imbang 1-1 dengan Rumania dan Ukraina menahan Belgia tanpa gol. Semua tim di grup E mengoleksi empat poin, tetapi Rumania menjadi juara grup karena unggul jumlah gol.

Baca juga:

Belgia berada di posisi kedua grup E, sedangkan Slovakia lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Ukraina menjadi juru kunci dan gagal melaju ke babak berikutnya. Persaingan di grup E juga sangat ketat dan penuh drama.

Kemenangan Georgia atas Portugal menunjukkan bahwa kejutan masih bisa terjadi di turnamen besar seperti Euro 2024. Tim-tim yang tidak diunggulkan mampu memberikan perlawanan yang berarti dan menciptakan hasil yang tak terduga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscamscam